Perbedaan VCR dengan DVR

Perbedaan VCR dengan DVR

Perbedaan VCR dengan DVR. DVR adalah singkatan dari “Digital Video Recorder”. Fungsi dari DVR adalah melakukan perekaman gambar kedalam media format digital ke disk drive, USB flash drive, kartu memori dan lain-lain. DVR tidak hanya ada dalam sistem CCTV dan banyak digunakan untuk konsumen digital video recorder. Sebelum DVR telah ada pendahulunya yaitu VCR (Video Casete Recorder), VCR menggunakan Kaset Video sebagai media penyimpanan.

DVR

DVR

Mengenal Apa Itu DVR (Digital Video Recorder). Pada Sistem CCTV, DVR adalah system dan perangkat yang digunakan untuk merekam semua gambar yang di kirim oleh kamera CCTV. Pada DVR CCTV akan banyak di temukan menu fungsi yang dapat di gunakan untuk pengaturan dan kontrol lebih jauh terhadap sistem CCTV. Beberapa fungsi meliputi kontrol terhadap kualitas gambar video, format video, resolusi video, jaringan internet dan network, Backup, dan lain-lain.

VCR

VCR

Kelebihan DVR dibanding VCR

VCR adalah Video Camera Recorder, Fungsinya sama dengan DVR yaitu dapat melakukan perekaman gambar, namun perbedaan terdapat di media penyimpanan. Bila DVR menggunakan Media Format Digital seperti Harddisk, USB Flash Drive dan lain-lain namun pada VCR Media penyimpanan menggunakan Kaset Video.
Dengan menggunakan kaset video sebagai media penyimpanan maka dapat kita bayangkan betapa kurang nyamannya fungsi preview, Replay, Backup sampai dengan share/berbagi. Berbeda dengan DVR yang telah menggunakan Media Format Digital membuat kita menjadi nyaman dalam melakukan instant replay, time shifting, Pause Stop, Backup dan lain-lain. Selain itu DVR Kebanyakan menggunakan format MPEG untuk kompresi sinyal video digital. Dan untuk saat ini codec yang banyak digunakan adalah H.264.

Kekurangan DVR dibanding VCR

yaitu masih mahalnya media penyimpanan serta perangkat berbasis disk drive dan optical drive Read Write. Bila pada VCR kita akan langsung memiliki backup berupa kaset video. Berbeda dengan DVR dimana akan ditemukan kesulitan untuk backup ketika harddisk habis. Biasanya ketika harddisk habis maka DVR akan memberikan informasi dan ketika ini tidak direspon maka DVR akan langsung melakukan penimpaan rekaman otomatis, dalam hal ini data rekaman yang lalu akan hilang. Anggaplah hardddisk yang digunakan adalah 500 GB gigabyte berarti kita memerlukan wadah backup sebesar 500 GB gigabyte pula, bila kita hendak melakukan backup pada media keping DVD blueray yang menjadi masalah adalah masih mahalnya Optical Drive Read Write untuk Blueray.

 


Untuk informasi lebih jelas mengenai Jasa Pasang Kamera CCTV silahkan hubungi kami di :

 


YOFI SETIAWAN

(WA) 082141784999085736300333

Email : cs@datamediatech.com

Jl. Kanigoro Gg 4 No. 35, Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272
Data MediaTech CCTV Maps

www.datamediatech.com




Tentang Penulis

-

Posting terkait dengan Perbedaan VCR dengan DVR






Hak cipta © Data MediaTech dan didukung oleh CV.DATA MEDIA SEJAHTERA .